Monday 11 February 2019

Burung Rangkong


Burung Rangkong ( Rhinoceros Hornbill ) merupakan salah satu spesies burung terbesar di Asia. Satwa yang banyak tersebar di kawasan Asia Tenggara ini merupakan hewan asli Asia yang juga hidup di wilayah Indonesia khususnya di hutan-hutan Sumatera, Kalimantan dan Jawa.


Burung ini banyak memiliki nama panggilan tergantung wilayahnya tinggal, masing masing tempat memiliki pangilannya sendiri seperti julang, kangkareng, dan enggang.  Satwa ini memiliki ciri yang khas pada paruhnya. Bentuk paruhnya yang berwarna kuning dan berpangkal merah menyerupai tanduk sapi yang melengkung ke atas.

Burung rangkong sebenarnya memiliki banyak jenis yang tersebar di beberapa kawasan Indonesia. Seperti di Sumatera yang dapat dijumpai sembilan jenis rangkong, antara lain enggang jambul, julang emas, kangkareng hitam, julang jambul-hitam, enggang klihingan, kangkareng perut-putih, rangkong papan, rangkong gading dan rangkong badak.

Untuk rangkong badak secara fisik mereka memiliki ukuran yang sangat besar, sekitar 110 sentimeter. Tak berlebihan apabil rangkong ini dijuluki sebagai rangkong raksasa. Jenis ini memiliki ciri khusus pada bagian kepala, punggung, dada dan sayapnya yaitu dominan dengan warna hitam. Sedangkan pada bagian perut dan pahanya berwarna putih dan bagian ekornya yang berwarna putih mengkilap terdapat garis hitam lebar melintang.

Burung rangkong memiliki sifat yang sama dengan burung gagak yaitu setia terhadap pasangannya. Apabila salah satu pasangannya mati, burung tersebut akan tetap sendiri hingga akhir hidupnya tanpa mencari pendamping lagi. Kehebatan burung rangkong tidak hanya itu, mereka juga mampu menebar biji-bijian hingga 100 kilometer jauhnya.

Burung indah nan unik ini banyak sekali memiliki kelebihan didalam melestarikan hutan. Satwa pemakan buah-buahan ini memiliki andil yang sangat besar pada sebuah proses regenerasi hutan secara alami. Oleh karena itulah burung yang  setia dan sangat berjasa ini selayaknya kita jaga dan kita lestarikan demi masa depan hutan dan anak cucu kita kelak.

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)
    ReplyDelete

    ReplyDelete