Thursday 21 February 2019

Komodo


Komodo (Varanus komodoensis) atau yang biasa dikenal sebagai kadal monitor raksasa adalah spesies kadal yang hanya ada di Indonesia. Mereka dapat ditemui di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar.  


Sebagai anggota keluarga kadal monitor komodo adalah spesies kadal terbesar yang hidup di muka bumi. Mereka bisa tumbuh hingga panjang maksimum 3 meter dengan berat badan maksimal 70 kilogram.

Karena ukurannya fisiknya yang besar maka kadal ini mendominasi ekosistem tempat mereka tinggal. Komodo berburu dan menyergap mangsa termasuk invertebrata, burung, dan mamalia. Perilaku kelompok komodo dalam berburu adalah hal yang luar biasa di dunia reptil. 

Makanan komodo besar terutama terdiri dari rusa Timor, meskipun mereka juga memakan bangkai dalam jumlah yang cukup besar. Mereka memiliki cara berburu yang unik yaitu dengan menggigit mangsanya dan mengintainya sampai mati karena keracunan atau terinfeksi kuman yang ada didalam liurnya.

Bisa yang dihasilkan komodo bersumber dari dua kelenjar di rahang bawah yang mengeluarkan beberapa protein beracun. Walupun secara biologis protein ini masih diperdebatkan tetapi kelenjar yang dihasilkannya terbukti mengeluarkan zat sejenis racun yang bisa membunuh mangsanya.

Komodo pertama kali direkam oleh para ilmuwan Barat pada tahun 1910. Ukuran mereka yang besar dan reputasi yang menakutkan membuat mereka menjadi pameran kebun binatang yang populer. Di alam liar habitat mereka telah banyak beralih fungsi akibat aktivitas ekonomi manusia.

Satwa endemic Indonesia ini telah masuk didalam daftar merah hewan kritis oleh IUCN. Keberadaan mereka kini dilindungi oleh hukum dan taman nasional, Taman Nasional Komodo, didirikan untuk membantu upaya perlindungan dan pelestarian kehidupan mereka.

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)
    ReplyDelete

    ReplyDelete