Monday 11 February 2019

Banteng Jawa


Banteng ( Bos javanicus ) adalah hewan yang berkerabat dengan sapi dan dapat ditemukan hampir diseluruh kawasan Asia Tenggara ( Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Kalimantan, Jawa, dan Bali. ) Banteng sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu bantheng ( kerbau Besar ) Pada tahun 1849 dimasa kolonialisme Inggris banteng sempat dibawa ke Australia Utara untuk diternakan.


Banteng liar secara umum memiliki tiga spesies yang masih ada hingga kini. Spesies pertama B. javanicus javanicus  hidup di Pulau Jawa, Madura, dan Bali lalu  B. javanicus lowi mereka hidup di pulau Kalimantan dengan warna coklat pada jantannya bukan hitam seperti bateng pada umumnya lalu B. javanicus birmanicus  mereka hidup di Indocina. Spesies ini telah digolongkan sebagai hewan terancam punah oleh IUCN.

Seekor banteng dewasa dapat mencapai tinggi sekitar 1,6m dan panjang badan mencapai 2,3 m. Bobot bersih jantan dewasa biasanya mencapai 680 – 810 kg. Dalam beberapa kasus bobot banteng jantan bisa mencapai berat satu ton sedangkan untuk betinanya relatif lebih ringan.

Banteng secara umum memiliki bagian putih pada kaki bagian bawah dan pantat,punuk putih, serta warna putih disekitar mata dan moncongnya, walaupun terdapat sedikit perbedaan seksual pada ciri-ciri tersebut kebanyakan banteng jantan memiliki kulit berwarna biru-hitam atau atau coklat gelap dengan tanduk panjang melengkung ke atas dan memiliki punuk di bagian pundak. Sementara banteng betina memiliki kulit coklat kemerahan, tanduk pendek yang mengarah ke dalam dan juga tidak memiliki punuk.

Sebagai herbivora besar banteng adalah pemakan rerumputan, dedaunan, dan ranting muda. Banteng secara umum aktif dimalam maupun siang hari tetapi khusus diareal tempat tinggal manusia mereka merubah kebiasaan menjadi hewan yang nokturnal.  Banteng adalah satwa yang memiliki naluri berkelompok didalam kawanan yang berjumlah besar dengan jantan dominan sebagai pemimpinnya.

Banteng Jawa kini hanya dapat ditemukan di areal Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Bali Barat, Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran. Area yang dilindungi dan ditetapkan sebagai cagar alam atau taman nasional tersebut merupakan benteng pertahanan terakhir para banteng dikawasan Asia Tenggara.

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)
    ReplyDelete

    ReplyDelete