Friday 21 September 2018

Harimau ( Panthera Tigris )

Selama abad ke-20, beberapa sub spesies harimau punah di Asia Barat dan Asia Tengah dan keberadaan mereka kini dibatasi oleh kantong-kantong habitat yang terisolasi sebagai perlindungan terhadap habita mereka. Mereka musnah di pulau Bali pada tahun 1940-an dan di sekitar Laut Kaspia pada tahun 1970an serta di Jawa pada tahun 1980an.

Kepunahan ini adalah pil pahit bagi generasi muda yang belum pernah melihat mereka sama sekali.  Saat ini, harimau yang masih tersisa mendiami kawasan ke arah timur India kearah Bangladesh, Bhutan, Nepal, Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, China, Malaysia, Indonesia, Korea Utara dan Rusia. sampai dengan batas utara dekat Sungai Amur di tenggara Siberia.


Satu-satunya pulau besar yang masih mereka tinggali adalah Sumatera. Sejak awal abad ke-20, rentang sejarah harimau telah menyusut hingga 93%. Pada dekade 1997 sampai 2007, daerah yang diperkirakan ditempati harimau telah menurun sebesar 41%..

Harimau dapat tinggal dan beradaptasi dengan berbagai tipe habitat, namun secara umum memerlukan kelebatan vegetasi untuk kamuflase mereka dalam berburu.  ketersedian  sumber air, dan melimpahnya mangsa adalah salah satu faktor yang mendukung untuk kelestarian mereka. Contohnya mungkin adalah Harimau Benggala yang secara spesifik mampu menunjukan kemampuannya untuk tinggal di berbagai jenis hutan. Hutan hujan basah yang hijau, dan hutan semi-evergreen di Assam dan Bengal timur, hutan bakau rawa di Delta Gangga, hutan gugur di Terai, dan hutan duri di Ghat Barat . 

Tidak hanya hutan kadang jangkauan sang Raja juga meliputi area padang rumput dan bukit bukit berbatu, Harimau adalah hewan yang ditempa alam liar dalam menggunakan berbagai teknik perburuan mangsa. Jumlah populasi pasti harimau liar tidak dapat diketahui secara pasti karena banyaknya metode yang kurang memadai dan keterbatasan sumber daya manusia dan teknolgi untuk mendapatkan angka angka yang pasti.

Menurut akun IUCN Red List dan dari berbagai sumber pemerintah negara sejak tahun 2009, Harimau dewasa akan menentukan daerah kekuasaannya sendiri, mereka makan embangun dan menjaga wilayahnya namun memiliki daya jelajah yang jauh lebih luas dari tempat mereka berkeliaran. Harimau dewasa dari kedua jenis kelamin umumnya membatasi pergerakan masing masing diwilayah kekuasaannya. 

Harimau adalah spesies yang memiliki rentan sejarah panjang dengan percepatan penyebaran masing-masing individu mencapai jarak maksimal hingga 650 km (400 mil) per daerah kekuasaan masing masing harimau. Selain penjelajah hutan yang tangguh harimau juga perenang yang hebat dan gemar bermain diair danau dan sungai, sehingga suhu tubuh mereka tetap dingin walaupun cuaca panas sepanjang hari.

Di antara semua jenis kucing besar lainnya hanya jaguar yang memiliki kebiasaan yang nyaris sama dengan harimau. Seekor jaguar dapat menyeberangi sungai hingga 7 km (4,3 mil) dan dapat berenang hingga 29 km (18 mil) dalam sehari. Mereka mampu melakukan perburuan yang efektif didalam air dan membawa mangsanya kedaratan untuk disantap. 

------------------------------------------------>>> Bersambung