Friday 21 September 2018

Harimau (Panthera Tigris)

Harimau (Panthera tigris) adalah spesies kucing besar yang paling terkenal. Spesies ini tergolong dalam genus Panthera dengan singa, macan tutul, jaguar, dan macan tutul salju. Harimau adalah predator puncak, pemangsa utama yang memangsa hewan hewan herbivora yang hidup disekitarnya. Mereka adalah hewan teritorial atau soliter tetapi dalam beberapa kasus mereka juga menjadi hewan yang memiliki rasa sosial yang tinggi yang membutuhkan tetangga dalam menngontrol mangsanya secara alami. Hal ini ditambah dengan beberapa fakta bahwa mereka hidup berdampingan dengan manusia karena manusia telah menyerobot habitat mereka hingga menyebabkan konflik yang signifikan dengan manusia.


Wilayah Endemik Harimau adalah hampir seluruh wilayah timur Eurasia mulai dari Laut Hitam di barat hingga ke Samudera Hindia di selatan dan dari Kolyma sampai dengan Sumatra di timur. Harimau mengalami nasip yang cukup tragis karena tak kurang dari satu abad mereka telah kehilangan 93% dari jangkauan historis mereka. Mereka terpecah pecah mulai dari Asia Barat dan Tengah, terpisahkan oleh pulau Jawa dan Bali hingga Asia Tenggara dan Selatan. Enam subspesies harimau yang tersisa telah diklasifikasikan sebagai terancam punah oleh Perhimpunan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Faktor utama penurunan populasi harimau adalah perusakan habitat, perubahan fungsi hutan dan maraknya perburuan liar. Populasi umum harimau saat ini di alam liar diperkirakan berjumlah antara 3.062 dan 3.948  turun dari sekitar 100.000 pada awal abad ke-20, dengan sebagian besar populasi yang tersisa hanya ada di kantong-kantong kecil yang terisolasi satu sama lainnya. Pupulasi terbanyak sekitar 2.000 harimau tinggal di anak benua India. Pada tahun 2016 diperkirakan populasi harimau liar diseluruh dunia berkisar 3.890 ekor. Hal ini dapat diketahui melalui  Konferensi ke tiga Tingkat Menteri se Asia mengenai Konservasi Harimau. Dan WWF pun memberikan pernyataan yang melegakan para pevinta harimau bahwa jumlah populasi harimau liar dunia telah meningkat untuk pertama kalinya didalam satu abad terakhir ini.

Harimau adalah salah satu hewan yang paling populer di dunia, karismatik gagah dan menyeramkan hingga banyak tampil menonjol didalam mitologi kuno dan cerita dongeng. Tidak hanya dalam cerita rakyat  tetapi mereka juga kerap tampil didalam film dan sastra modern.  Wajah atau keseluruhan tubuh mereka banyak tampil di berbagai bendera atau panji-panji kebesaran, mantel  dan senjata serta sebagai maskot untuk tim-tim olahraga. Harimau itu adalah hewan nasional kebanggaan Bangladesh, India, Malaysia dan Korea Selatan.

Asal usul penamaan Panthera mungkin berasal dari Bahasa Oriental Yunani kuno yaitu Panther yang dalam bahasa Latin dikenal dengan panther. Namun ada yang berpendapat bahwa tigris berasal dari bahasa Inggris Tengah dan tigras Inggris Kuno (kata jamak). Kedua kata tersebut digunakan untuk hewan ganas tersebut. Pendapat lain mengatakan bahwa kata tigris berasal dari bahasa Prancis Kuno yang merupakan turunan dari kata Latin tigris dan kata Yunani tigris. Namun jika ditelusuri lebih dalam kemungkinan kata tigris adalah tigra yang dalam bahasa Persia yang berarti runcing atau tajam dan tigrhi Avestan yang berarti anak panah. Kata kata ini kemungkinan mengacu pada kecepatan seekor harimau sedang mengejar mangsanya. Namun dari semua itu fakta yang paling menarik adalah keberadaan sungai Tigris yang telah menyandang nama tigris dari ribuan tahun yang lalu.