Tuesday 25 September 2018

Macan Tutul Arabia atau Arabian Leopard (Panthera Pardus Nimr)


Macan tutul arabia atau Arabian leopard (Panthera pardus Nimr) adalah suatu subspesies macan tutul asli yang berasal dari Jazirah Arab. Macan tutul jenis ini telah masuk dalam daftar hewan kritis yang terancam punah oleh IUCN sejak tahun 1996.  Sementara itu kurang dari 200 individual di alam liar di perkirakan hidup pada tahun 2006. Populasi sangat terbagi-bagi. Sub-populasi terisolasi dan tidak lebih besar dari 50 individu dewasa.

Populasi macan tutul arabia diperkirakan menurun terus menerus akibatnya berkurangnya habitat alamiah mereka dan juga kemungkinan konflik dengan manusia ataupun masuk dalam hewan buruan yang menjadi komoditi khusus sebagian kalangan manusia.

Macan tutul Arab merupakan salah satu subspesies macan tutul terkecil. Macan tutul Ini untuk sementara waktu ditetapkan sebagai suatu subspesies yang berbeda oleh analisis genetik dari sebuah penangkaran macan tutul tunggal dari wilayah Israel dan Arab selatan. Keduanya diperkirakan memiliki hubungan kekerabatan paling erat dengan macan tutul Afrika.

Sementara ini Macan tutul arab masih bisa bernafas lega di daerah Dhofar di barat daya Oman dan daerah Hawf di timur laut Yaman. Dua daerah ini menjadi Benteng utama untuk Arabian Leopard. Walaupun begitu dibeberapa tempat terdapat populasi kecil yang terisolasi di Arab Saudi .

Pada tahun 2006, populasi Leopard diperkirakan masih tersisa sekitar delapan individu di Gurun Yudea Israel dan Dataran Tinggi Negev, namun keberadaan mereka belum dikonfirmasi kembali sejak tahun 2006 hingga saat ini. 

Sebagian berpendapat kemungkinan kedelapan individu dari spesies ini mungkin telah musnah begitu juga dengan spesies yang tersisa di Semenanjung Musandam Oman dan UEA. Macan tutul secara garis besar diperkirakan mungkin telah punah di daratan Yordania, UAE dan Semenanjung Sinai Mesir dengan kemungkinan populasi yang tidak berkembang sama sekali.